Tips Merawat Meja Resin dan Meja Kayu dengan Mudah

Furniture berbahan kayu dan resin sudah menjadi pilihan dan favorit untuk kebanyakan orang. Meja resin kayu dan meja kayu, serta kursi menjadi furniture yang menggunakan bahan dan kayu serta kombinasi bahan resin yang dibutuhkan oleh semua rumah.

Material berbahan dasar kayu dan resin merupakan material organik yang memerlukan perawatan yang maksimal. Bahan kayu bisa saja dimakan rayap ataupun ditumbuhi jamur.

Berikut ini tips untuk merawat meja resin kayu, serta meja dan kursi dari kayu agar awet dan tidak mudah rusak.

Tips Merawat Meja Resin Kayu

tips merawat meja

Sekarang kita sudah memasuki pembahasan mengenai tips merawat meja resin kayu, memang sekarang ini menjadi sebuah tren mengoleksi sebuah furniture yang dibuat dengan bahan resin atau kombinasi kayu dengan resin.

Meja resin ini memang akan memiliki tampilan seperti kaca dan terlihat lebih mudah untuk perawatan. Ternyata tidak semudah kelihatannya, terutama jika anda memiliki meja resin dengan kombinasi kayu yang dimana didalamnya ada sentuhan finishing kayu yang biasanya hanya menggunakan oil indoor, sehingga kita akan dibuat pusing dengan tipisnya coating tersebut. Namun, jangan khawatir di artikel ini anda akan menemukan solusi yang tepat.

Usahakan jika anda menggunakan meja berbahan resin, coba minta coatingnya untuk sedikit lebih tebal dari biasanya dan jika bisa ditopcoat dengan menggunakan produk terbaik. Dengan begitu anda bisa dengan mudah membersihkannya, tapi tidak masalah jika anda sudah terlanjur beli meja resin dengan coating yang tipis.

Apa yang harus anda persiapkan untuk membersihkan meja resin kayu ini? Perhatikan dibawah ini ya!

  • Siapkan kain putih / kain pop yang bersih.
  • Siapkan oil untuk kayu (furniture polish), anda bisa membelinya di toko bangunan. Jika tidak menemukannya bisa anda gunakan cairan yang biasa dipakai untuk membersihkan kaca.

Cara pertama pembersihan meja resin yaitu anda gunakan kain yang sudah dipersiapkan dan berikan cairan oil sedikit saja, tidak boleh terlalu banyak. Selanjutnya dioleskan secara merata. Setelah itu keringkan meja resin dengan menggunakan kain bersih sampai benar-benar kering.

Tips Merawat Meja dan Kursi dari Bahan Kayu

    • Membersihkan meja dan kayu dengan air hangat.
    • Membersihkan meja dan kursi berbahan kayu, disarankan untuk menggunakan air hangat dengan sabun cuci yang ringan saja. Sabun cuci yang biasa anda gunakan, misalnya sabun cuci piring. Sabun cuci piring memiliki kandungan yang ringan sehingga tidak akan merusak meja dan kursi kayu.
    • Pencucian dengan sabun tidak akan merusak meja dan kursi kayu, jika tidak dilakukan perendaman dalam jangka waktu tertentu. Jika anda ingin membersihkan meja dan kursi, lakukanlah dengan hati-hati dan teliti sehingga semua kotoran akan terangkat.
    • Selain itu anda bisa juga menggunakan sikat dengan bahan yang lembut, seperti sikat gigi bekas untuk menjangkau sela-sela meja dan kursi yang sulit dijangkau oleh air. Kotoran pada perabot bisa anda lap dengan menggunakan kain yang lembut.
    • Bagian-bagian yang sudah basah, harus benar-benar dikeringkan menggunakan kain yang kering. Jika tidak sampai kering, bisa saja malah akan menimbulkan jamur karena permukaan meja dan kursi yang lembab.
    • Meletakkan perabot di tempat yang kering.

Anda perlu meletakkan meja dan kursi kayu pada suhu normal dengan tempat yang kering, hal ini juga penting untuk anda perhatikan. Material kayu biasanya mudah rusak jika terkena paparan suhu dingin dan panas terus menerus.

Kayu yang terkena paparan suhu akan menjadi kering lalu menyusut, sehingga kayu akan menyusut dan menimbulkan keretakan pada sambungan kayunya. Udara yang lembab pada kayu juga dapat menyebabkan meja dan kursi ditumbuhi oleh jamur, sehingga menyebabkan perabot akan mudah rusak.

Berhati-hatilah Ketika Memindahkan

Beberapa orang terkadang memindahkan meja atau kursi dengan menarik atau menyeretnya. Kebiasaan yang kebanyakan orang lakukan ini, dapat mengikis dan menggores kayu karena adanya gesekan dengan lantai. Menarik salah satu kaki meja atau kursi juga dapat merusak bagian sambungannya.

Anda perlu berhati-hati ketika memindahkan kursi dan meja dengan mengangkat bagian dudukan atau penampangnya. Meskipun cukup berat ketika harus mengangkatnya, tetapi cara ini lebih aman untuk meja dan kursi anda.

Memberi Alas pada Meja dan Kursi

karpet alas meja

Anda dapat memberikan alas atau taplak pada meja, selain untuk menambahkan nilai estetik dapat juga untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi. Pemberian alas pada meja bisa meminimalisir resiko tergores serta terkena noda pada bagian atas meja.

Noda yang mengenai meja berbahan kayu akan membuat warnanya menjadi kusam, serta permukaannya menjadi tidak mulus lagi. Pada bagian kaki meja atau kursi, sebaiknya anda menggunakan karpet atau kain lembut sebagai alasnya.

Tips ini sangat mudah, selain itu anda bisa melindungi meja dan kursi kayu dari kerusakan secara sengaja atau tidak sengaja karena pemakaiannya.

Segera Bersihkan Perabot yang Terkena Noda

cara merawat meja makan kayu

Terkadang gelas minuman akan meninggalkan noda di permukaan meja dengan bahan dasar kayu. Noda yang terus dibiarkan, akan membuatnya permanen sehingga meja akan terlihat kotor dan rusaknya tekstur alami dari kayu.

Anda bisa menghilangkan noda pada meja dengan menggunakan baking soda dan pasta gigi, atau bisa dengan abu dan minyak goreng. Untuk membersihkannya, anda sebaiknya menggunakan kain yang lembut.

Noda kecil yang tertinggal pada meja bisa segera anda bersihkan dengan menggunakan jari, atau dengan membakar kemiri sampai mengeluarkan minyaknya. Kemudian hancurkan kemiri, lalu usapkan pada permukaan meja yang terkena noda. Cara ini bisa mengembalikan keindahan dari tekstur kayu pada meja.

Jangan Meletakkan Perabot Berdekatan dengan Ventilasi

Salah satu cara merawat meja dan kursi dari kayu adalah tidak meletakkannya didekat ventilasi udara. Ventilasi udara mempunyai celah yang lebar untuk masuknya cahaya matahari, begitupun dengan suhu lainnya. Sehingga tekstur alami kayu akan mudah rusak jika dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Memanfaatkan Semir Sepatu

Anda dapat mengoleskan semir sepatu untuk memperbaiki meja dan kursi yang tergores atau catnya rusak. Tetapi anda perlu mengecek terlebih dulu, apakah warna cat dengan kayu sudah senada.

Jika warnanya tidak senada, bisa jadi hasilnya malah mengecewakan dan menimbulkan kerusakan lain.